Sosialisasi PBB-P2 2018

Kudus – Keberlangsungan dan keberhasilan berbagai program pembangunan serta pelayanan publik, salah satunya ditentukan oleh penerimaan sektor Pajak sebagai salah satu sumber pembiayaannya. Untuk itu, pajak memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan negara maupun daerah. berkaitan dengan hal tersebut maka Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus menggelar sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) yang dilaksanakan mulai dari tanggal 13 Maret 2018 sampai tanggal 27 Maret 2018 mendatang. Sosialisasi dilakukan secara bertahap pada masing-masing kecamatan.

Dalam acara sosialisasi tersebut materi yang diberikan kepada masyarakat diantaranya anjuran tentang perubahan SPPT untuk SPPT yang masih menggunakan nama pemilik lama. Dijelaskan pula tata cara pembayaran pbb malalui ATM dan pengecekan realisasi PBB bagi desa/kelurahan. Menyambung pengecekan realisasi ini, dilaskan tentang sistem informasi PBB berbasis web yang bisa dikases melalui “http://infopbb.kuduskab.go.id”. Selanjutnya dijelaskan mengenai format SPPT yang baru dimana pada SPPT yang baru (PBB tahun 2018) dicantumkan piutang PBB (jika ada) mulai tahun 2013. Pencantuman piutang ini dimaksudkan sebagai penagihan PBB tahun sebelumnya jika ada piutang, juga sekaligus sebagai sarana transparansi pembayaran Pajak.

Diakhir sosialisasi dijelaskan mengenai pemberian hadiah bagi WP yang melunasi PBB sebelum 31 Agustus 2018. Hadiah lomba ini adalah Sepeda motor yang akan diundi untuk semua NOP yang ikut lomba, dan kemudian ada hadiah tambahan yang akan diundi untuk masing-masing kecamatan. Pengundian rencananya akan dilaksanakan pada bulan Spetember 2018. Dengan diadakannya lomba ini diharapkan semangat masyarakat untuk membayar PBB menjadi meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *